Saturday, March 8, 2008

Opera Pagi Hari

Assalamualaikum wr.wb.

Cerita ini adalah kisah nyata yang mungkin terjadi di hampir semua rumah. Dirumah saya bintang opera itu adalah seorang yang baru genap berusia lima tahun ( lima kok dibilang genap sih ????). Namanya Farhan Abdurrahman ( Kebahagiaan, hamba yang memiliki sifat pengasih ).

Opera ini dimulai dengan perjuangan membangunkan Farhan dari tidurnya, karena harus sekolah di Doha Academy, sekolah International di Doha-Qatar, yang kurikulummnya mengacu sekolah islam di Inggris milik Yusuf Islam( Cat Steven).

Istri saya membuat aturan untuk Farhan,bahwa pas adzan subuh Farhan harus bangun, konsekwensinya kami harus lebih awal ( sebelum adzan subuh). Tapi seperti nasib peraturan lainnya yang selalu dilanggar, peraturan ini tak pernah sekalipun ditaati Farhan, emamg gue pikirin...kayaknya gitu pikiran bocah mungil ini.

Perjuangan segera dimulai, istri saya membangungkan Farhan dengan puisi yang sangat indah " Aa, anak sholeh ayo banguuun...sudah adzan, kalo ga bangun nanti tidurnya ditemenin setan loh!". Farhan tak bergerak seinchi pun, mungkin dia ga ngerti maksud Uminya itu. Setan itu apa mi ? begitu tanyanya suatu ketika. "Setan itu makhluk Allah yang selalu menggoda Aa supaya ga nurut sama Allah dan sama abi dan umi, kata istri saya. " Oooh.. berarti setan itu kayak si anak arab dong, yang suka ganguin aa di school".

Memang susah ya memahamkan tentang hal ghaib kepada anak-anak. Tapi sekarang dia sudah paham apa itu setan, setelah nonton sinetron mistik kurang bermutu di TPI.Setan itu mukanya jelek-jelek, rambutnya acak-acakan ,bajunya putih panjang, bisa terbang dan bisa menghilang, dan ketawanya cekikin. Begitulah Farhan memahami Setan; makhluk yang menjadi musuh nyata bagi manusia ( TQS: Al an'aam ayat 142).

Farhan masih tertidur, istri saya membangunkannya lagi " Aa,bangun sudah mau terang tuh...nanti terlambat schoolnya ".kali ini nadanya agak meninggi. Usaha kedua ini tingkat keberhasilannya hanya 10 %. Saya sendiri biasanya sedang berada di Mushola, dan berdo'a semoga ga kebagian tugas ngebangunin farhan ( sebuah do'a yang aneh !!!).

Dan tibalah saatnya,saya, aktor peran pembantu dalam opera ini, melakonkan peran membangunkan Farhan. saya adalah aktor dengan karakter ga tegaan dan nyantai, sebuah karakter yang ga pernah di puji oleh istri saya.

Saya tatap Farhan, ngiri juga saya melihat bocah mungil masih tertidur lelap, mungkin dia sedang bermimpi menjadi Spiderman, superhero yang memiliki motor butut itu memang idolanya. Pernah suatu hari, dia terbangun sambil menangis keras, ternyata dalam mimpinya dia terjatuh dari gedung tinggi karena web spider nya ga keluar dari tangannya... Superhero kok cengeng ??!!!.

Dalam setiap perjuang kita harus memiliki trik agar sukses. Trik saya membangunkan Farhan adalah mengatakan:
1. Hari ini ada adu lari di sekolah. Juara lari di kelas adalah kebanggaan tertinggi Farhan.

2. Mengatakan bahwa Spiderman itu selalu bangun pagi, sedangkan Sandman selalu kesiangan; Sandman yang sering memukuli spiderman adalah tokoh yang sangat di bencinya.

3.Mengatakan bahwa Teacher Osila( gurunya di school, yang sangat dihormatinya) ga suka siswanya kesiangan.

4. trik n0. 4 sedang dipikirkan, ada yang mau bantu ?



Alhamdulillah Farhan sekarang sudah bangun, berikutnya adalah episode mandi,sarapan dan mengantar kesekolah yang juga kadang merepotkan dan menegangkan sekaligus juga mengasyikan.

No comments: